Tips Mengganti Lantai Parket yang Rusak

          Lantai berbahan parket mudah mengalami kerusakan karena berasal dari kayu olahan. Namun, Anda tak perlu lekas panik karena tile kayu yang rusak pada parket dapat diganti tanpa perlu membongkar seluruhnya.

          Lantai parket olahan biasanya rusak karena paparan air, gesekan benda tajam, pergerakan tanah, peningkatan suhu plester semen atau kesalahan dalam pemasangan.

          Untuk memperbaikinya, Anda perlu memperhatikan sistem pemasangannya, apakah dengan tipe lidah-mulut, klik, atau lem-paku.

          Tipe lidah-mulut dan klik cirinya saling mengunci, sementara sistem lem-paku dilakukan dengan memberi perekat dan mengikatnya dengan paku. Sistem yang terakhir ini banyak digunakan untuk lantai parket kayu solid yang biasanya mengalami susut muai. Berikut ini adalah tujuh langkah memperbaiki lantai parket kayu Anda dengan sistem lidah-mulut dan klik.

          Tips Memasang Lantai Parket Baru


          Lepas lantai parket yang rusak
          Ambil bor dan kemudian Anda mengebor sekeliling lantai parket yang rusak. Setelah itu, cungkil dengan alat catut dan palu. Namun, pastikan Anda tidak merusak lantai parket sekitarnya.

          Kerok adhesive di bawah lantai parket rusak
          Setelah parket terlepas, Anda akan menemukan sisa-sisa lem adhesive di bawahnya. Hilangkan sisa-sisa lem tersebut dengan alat pengerok.

          Cari parket pengganti
          Agar lantai tetap tampil sama, maka Anda harus memasang parket pengganti dengan warna senada. Namun, Anda kerapkali tidak memiliki simpanan dari pemasangan parket lama sehingga tidak bisa lekas diganti. Untuk menyiasatinya, jika masih menyimpan kemasan paket terdahulu, bisa Anda bawa dan tunjukkan ke toko material sehingga Anda mendapat parket senada. Namun, jika tetap tidak ada, bawa parket rusak ke toko material untuk dicarikan warna senada.

          Biarkan parket baru di ruangan selama 24 jam
          Letakkan parket pengganti di dalam ruangan minimal 1 hari. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan temperatur dan kelembaban udara. Anda juga akan mengetahui apakah parket tersebut akan memuai atau menyusut secara signifikan sehingga timbul masalah setelah pemasangan. Namun, umumnya tidak banyak jenis lantai kayu memuai dan susut, sehingga risiko ini tidak akan Anda hadapi.

          Aplikasikan adhesive
          Pastikan seluruh bagian dari parket yang rusak dan sisa-sisa adhesive sudah hilang. Kemudian, aplikasikan lem pada dasar lantai, lalu tunggulah beberapa saat sampai lem agak mengeras dan lengket.

          Pasang lantai parket baru
          Masukkan parket yang baru dengan bagian lidahnya terlebih dahulu ke dalam mulut pengunci pada parket sebelahnya. Jika bagian sisanya masih menggantung, pukul parket dengan hati-hati menggunakan palu. Tujuannya supaya benar-benar masuk dan terkunci pada rangkaian lantai parket.

          Finishing lantai yang baru
          Jika rangkaian parket lama diberi finishing, begitu pula parket baru. Hal ini perlu dilakukan agar warnanya senada. Untuk itu, seragamkanlah bahan finishing dengan bahan yang terdahulu. Biasanya, lantai kayu di-finishing menggunakan minyak kayu atau pernis.

          Leave a Comment

          Name*

          Email* (never published)

          Website